Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 2 Halaman 196-200 Bab 9

Belajar IPA kelas 9 SMP semester 2 Bab 9 tentang Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan memang memerlukan pemahaman yang mendalam. Namun, terkadang mencari kunci jawaban yang tepat dapat menjadi suatu tantangan tersendiri bagi siswa.

Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk memberikan solusi belajar yang efektif dengan memaparkan kunci jawaban IPA kelas 9 SMP semester 2 Bab 9 yang benar dan akurat.

Sebelum melihat kunci jawaban IPA kelas 9 SMP semester 2 Bab 9, pastikan siswa telah membaca dan memahami soal secara teliti. Hal ini penting untuk memastikan bahwa jawaban yang diberikan benar-benar sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Setelah itu, siswa dapat menggunakan kunci jawaban yang kami berikan sebagai bahan referensi untuk memeriksa jawaban yang telah siswa buat.

Kunci jawaban yang kami sampaikan berasal dari buku ajar IPA SMP kelas 9 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, edisi revisi tahun 2017. Jawaban yang kami sampaikan bersifat terbuka sehingga bisa ditambahkan dengan jawaban lain yang mungkin saja lebih lengkap dan akurat.

Pada halaman 196-200, terdapat 10 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian yang berkaitan dengan partikel Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan. Jawaban yang tepat dan akurat dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut.

UJI KOMPETENSI

A. Soal Pilihan Ganda

1) Berikut ini yang merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah ….

A. Menjaga suhu bumi
B. Tempat hidup hewan dan bakteri
C. Menjaga jumlah populasi tumbuhan
D. Penyedia nutrisi yang dibutuhkan hewan dan manusia

Cek kunci jawaban: A

2) Salah satu peran organisme tanah adalah mengatur kegemburan tanah. Beni melakukan pengamatan pada beberapa jenis tanah dan mendapatkan hasil sebagai berTanah yang mengandung organisme tanah berasal dari lokasi ….

A. A dan B
B. A dan D
C. C dan D
D. B dan D

Cek kunci jawaban: B

3) Tanah terdiri atas beberapa lapisan. Untuk mendapatkan bahan tambang, manusia melakukan penggalian hingga lapisan yang terdalam. Menurut pendapatmu hal yang mungkin terjadi pada keseimbangan lingkungan akibat penggalian tanah adalah ….

A. Meningkatkan pendapatan penduduk
B. Mengurangi jumlah mineral dalam tanah
C. Mengganggu kehidupan organisme tanah
D. Mempercepat pelapukan secara fisika dan kimiawi

Cek kunci jawaban: C

4) Perhatikan gambar lapisan tanah berikut!

Lapisan tanah yang paling banyak mengandung materi organik adalah ….

A. Lapisan A
B. Lapisan B
C. Lapisan C
D. Lapisan D

Cek kunci jawaban: A

5) Hujan dan air mengalir dapat mengikis tanah. Tanah yang paling banyak terkikis oleh hujan dan air mengalir adalah tanah dari ….

A. Daerah datar yang tandus
B. Daerah miring yang tandus
C. Daerah datar dengan rerumputan
D. Daerah miring dengan semak-semak

Cek kunci jawaban: B

6) Sifat-sifat tanah berubah melalui proses alam dan aktivitas manusia. Berdasarkan pernyataan berikut yang menunjukkan perubahan tanah karena proses alam adalah ….

A. Pengikisan nutrisi akibat hujan lebat
B. Banjir akibat pembangunan bendungan
C. Pembentukan gurun akibat penebangan pohon
D. Degradasi nutrisi tanah akibat penggunaan pestisida

Cek kunci jawaban: A

7) Pelapukan tanah dapat terjadi secara biologi, kimia, dan fisika. Di antara lokasi berikut, lokasi yang tanahnya paling cepat mengalami pelapukan adalah daerah ….

A. Hutan tropis yang subur
B. Padang rumput yang kering
C. Memiliki curah hujan tinggi
D. Gurun pasir yang sangat panas

Cek kunci jawaban: A

8) Ion-ion dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan antara lain ….

A. O2 dan CO2
B. SO 4 2- dan O2
C. Mg2+ dan NO 3-
D. Mg2+ dan CO2

Cek kunci jawaban: C

9) Tanah yang memiliki ukuran butiran sangat kecil, sulit ditembus air, dan tidak mengandung campuran pasir dan batuan disebut ….

A. Tanah liat
B. Tanah lempung
C. Tanah liat berpasir
D. Tanah lempung berpasir

Cek kunci jawaban: A

10) Akibat utama erosi tanah adalah ….

A. Berkurangnya kemampuan tanah menyerap air
B. Meningkatnya laju perpindahan mineral dari satu tempat
C. Semakin banyaknya tumbuhan pada lapisan atas yang mati
D. Hilangnya lapisan tanah teratas sehingga mengganggu organisme tanah

Cek kunci jawaban: D

B. Soal Uraian

1) Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini!

Kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!

Cek kunci jawaban:

Tanaman pada tabung I akan tumbuh lebih subur dalam waktu yang lama karena akar akan tumbuh pada bagian tanah lempung yang bernutrisi tinggi. Selain itu, tanah lempung mudah ditembus oleh akar tanaman dan juga mendapat pasokan air yang cukup karena air akan tertahan di lapisan tanah pasir dan tanah lempung karena tertahan oleh lapisan tanah liat di bagian bawah. Sedangkan pada tabung II, tanaman akan sulit untuk tumbuh subur, dikarenakan akar sulit untuk menembus bagian tanah liat, serta karakteristik tanah liat yang kurang subur karena termasuk memiliki nutrisi yang cukup sedikit. Dengan demikian, tanaman yang dapat tumbuh subur adalah yang ditanam pada tabung I.

2) Perhatikan percobaan berikut ini!

Ada tiga tabung reaksi yang diisi oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air dengan volume yang sama. Ketiga tabung tersebut dikocok dalam waktu yang sama dengan kekuatan pengocokan yang sama. Setelah itu, ketiga tabung didiamkan pada rak tabung reaksi.
image.png

Menurut pendapatmu tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskan alasanmu!

Cek kunci jawaban:

Berdasarkan data pada tabel ukuran partikel tanah, tanah yang paling cepat mengendap adalah tanah pasir. Hal ini dikarenakan tanah pasir memiliki ukuran partikel yang paling besar daripada tanah lempung berpasir dan lumpur sehingga tanah pasir lebih cepat mengendap di dalam air. Ukuran partikel tanah yang besar juga menandakan bahwa tanah tersebut kurang baik untuk menyimpan atau menahan air. Jadi, tanah yang palig cepat mengendap adalah pada tabung A

3) Di daerah pegunungan atau perbukitan, lahan pertanian dibuat secara terasering. Jelaskan keuntungan sistem terasering tersebut!

Cek kunci jawaban:

Pengolahan lahan untuk mengurangi erosi dapat dibuat dengan penterasan lahan miring (terasering), yaitu mengubah permukaan tanah miring menjadi bertingkat-tingkat. Penterasan bertujuan untuk mengurangi panjang lereng dan memperkecil kemiringan lereng sehingga dapat memperlambat kecepatan aliran air di permukaan. Selain itu, untuk menampung dan mengalirkan air permukaan sehingga memungkinkan penyerapan oleh tanah. Dengan demikian, terasering dapat mengurangi erosi.

4) Ion nitrat adalah salah satu ion yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Berikut ini adalah data kandungan ion nitrat di dua daerah yang berbeda:

Berdasarkan data tersebut. Mengapa pada daerah yang pohonnya banyak ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi?

Cek kunci jawaban:

Tumbuhan memerlukan nitrogen dalam bentuk ion nitrat yang terkandung di dalam tanah. Jika jumlah tumbuhan di atas permukaan tanah berkurang, penyerapan ion nitrat oleh tumbuhan menjadi berkurang. Akibatnya, kadar ion nitrat di dalam tanah akan semakin banyak. Hal inilah yang menyebabkan tanah pada hutan gundul mengandung lebih banyak ion nitrat dibandingkan dengan tanah yang ditumbuhi banyak tumbuhan. Jadi, pada daerah yang pohonnya banyak ditebang memiliki jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi karena penyerapan ion nitrat oleh tumbuhan berkurang.

5) Di lapisan tanah yang semakin dalam, ditemukan lebih sedikit organisme dibandingkan dengan lapisan bagian atas. Menurut pendapatmu, mengapa hal itu terjadi?

Cek kunci jawaban:

Organisme tanah pada umumnya berada di lapisan tanah bagian atas, kurang lebih 10 cm di bawah permukaan tanah. Semakin dalam tanah, semakin sedikit organisme yang ditemukan. Hal tersebut terjadi karena bahan-bahan organik yang berasal dari sisa makhluk hidup seperti daun-daun yang telah jatuh ke tanah, ranting-ranting, dan jasad hewan yang telah mati terdapat di bagian atas lapisan tanah sehingga proses dekomposisi (penguraian bahan organik menjadi materi organik yang lebih sederhana) oleh organisme tanah seperti cacing, jamur, dan bakteri terjadi di bagian atas lapisan tanah. Selain itu, cacing tanah memerlukan oksigen untuk bernapas sehingga cacing tanah hanya dapat hidup di bagian atas lapisan tanah agar dapat mengambil oksigen yang ada di udara bebas.

Bagaimanapun, jangan hanya mengandalkan kunci jawaban semata dalam belajar. Siswa juga perlu memperdalam pemahaman dengan membaca buku ajar dan mencari referensi tambahan dari sumber lain yang terpercaya.

Untuk meningkatkan efektivitas belajar, siswa juga dapat membentuk kelompok belajar dan saling berdiskusi tentang materi yang telah dipelajari. Dengan berdiskusi, siswa dapat saling membantu memecahkan kesulitan dan meningkatkan pemahaman terhadap materi.

Belajar IPA memang tidaklah mudah, namun dengan usaha dan tekad yang kuat, siswa pasti bisa meraih hasil yang maksimal. Jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan berkembang. Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa dalam menghadapi Uji Kompetensi IPA kelas 9 SMP semester 2 Bab 9 tentang Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan. (*)